Hub 0852-1143-2205 Batu Kumbung Macam-Macam dan Manfaatnya

Batu kumbung dan manfaatnya-  batu kumbung merupakan kalsium karbonat (CaC03) yang terbentuk atas dasar batuan sedimen dengan mineral kalsit sebagai bentuknya.

Kebanyakan batu kumbung ini di dasarkan karena bebatuan yang mengeras atas dasar batuan sedimen organik yang terjadi kerena adanya organisme dengan jumlah yang banyak dari dangkal dan perairan laut, sehingga tak jarang kita temui bahwasannya batu kapur atau batu kumbung terdapat di sekitar wilayah yang dekat dengan laut seperti tuban, lamongan dan madura untuk wilayah jawa timur.




PEMESANAN BATU KUMBUNG HUBUNGI Bpk YULIO
WA / TELPON 0852-1143-2205

Karena pengendapan secara alamaiitu pula sehingga kalsium karbonat yang asalnya dri laut dan danau bisa terbentuk dengan proses yang kimiawi batuan sedimen ini bisa berbentuk sebagai mana yng kita ketahui hingga menyerupai gunung, sehingga tak sedikit penduduk yang menyebutnya dengan sebutan gunung kapur, karena jika sudah di keruk atau di potong/kikis dengan alat tertentu tekstur dari warna gunung tersebut berwarna putih bukan coklat yang kebanyakan gunung terbuat dari tanah, namun tidak dengan batu kapur dari gunung kapur yang lebih identik dengan gunung yang teksturnya putih menyerupai kapur.

PEMBENTUKAN BATU KUMBUNG




batu kumbung tuban, batu kumbung pondasi, batu kumbung adalah, batu kumbung murah, batu kumbung vs bata merah, batu kumbung sidoarjo, batu kumbung surabaya, batu kumbung madura, analisa batu kumbung, agen batu kumbung, pondasi batu kumbung atau batu kali, batu kumbung blora, batu kumbung buat pondasi, batu bata kumbung, harga batu kumbung buat pondasi, harga batu kumbung blora, ukuran batu bata kumbung, batu kumbung vs batu bata, harga batu kumbung di gresik, harga batu kumbung di tuban, ukuran batu kumbung dinding, harga batu kumbung di mojokerto, harga batu kumbung di lamongan, foto batu kumbung, jual batu kumbung gresik, gambar batu kumbung, gergaji batu kumbung, gambar batu kumbung tuban, gua batu kumbung, batu kumbung pondasi harga, harga batu kumbung 2018, harga batu kumbung jombang, harga batu kumbung pondasi 2017, harga batu kumbung 2017, harga batu kumbung pondasi 2018, harga batu kumbung mojokerto, harga batu kumbung tuban 2017, jual batu kumbung tuban, jual batu kumbung sidoarjo, jual batu kumbung surabaya, jual batu kumbung murah, jual batu kumbung jombang, jenis batu kumbung, jual batu kumbung mojokerto, batu kumbung kediri, batu kapur kumbung, ukuran batu kumbung kecil, harga batu kumbung kecil, harga batu kumbung kediri, kelebihan batu kumbung, batu kumbung lokasi, harga batu kumbung lamongan, lebar batu kumbung, harga batu kumbung murah, harga batu kumbung mojokerto 2018, batu kumbung olx, batu kumbung pasang, ukuran batu kumbung pondasi, harga batu kumbung pasang, rab batu kumbung, jual batu kumbung di surabaya, harga batu kumbung tuban 2018, harga batu kumbung terbaru, batu kumbung untuk dinding, batu kumbung umpak, harga batu kumbung umpak, menghitung kebutuhan batu kumbung untuk pondasi, pondasi batu kumbung vs batu kali, volume batu kumbung, sdn 1 batu kumbung, harga batu kumbung 2016, harga batu kumbung 2015, harga batu kumbung surabaya 2018, sdn 3 batu kumbung,
Akibat adanya perairan laut yang dangkal tenang dan hangat sehingga kebanyakan batu kumbung atau gunung kapur terbentuk.


Terlebih lagi jika di sebuah lingkungan yang memang telah mengandung dan dihuni banyak organisme bercangkang dan ada kerangkanya yang banyak mengandung kalsium karbonat maka daerah tersebut dengan sekian tahunnya maka besar kemungkinan akan terbentuklah gunung batu kapur yang dapat di manfaatkan batu tersebut untuk banyak hal salh satu di manfaatkan sebagai batu kum ung sebagai bahan dasar pondasi sebuah bangunan.



PEMESANAN BATU KUMBUNG HUBUNGI Bpk YULIO
WA / TELPON 0852-1143-2205

Dengan demikian maka pengekstrakan kalsium karbonat dapat terbentuk endapan sedimen atas dasar mikroorganisme telah terpenuhi


Asal-usul biologis organisme ini sering terungkap dalam batu kumbung melalui fosil-fosil.

Beberapa batugamping dapat membentuk oleh pengendapan langsung dari kalsium karbonat dari laut atau air tawar.

Batu gamping dibentuk dengan cara ini adalah batuan sedimen kimia. Namun, jumlah batu sedimen ini tidak sebanyak batu gamping biologis.

Bumi memiliki banyak kapur sebagai pembentuk lingkungan. Kebanyakan batu kumbung ditemukan di daerah air dangkal antara 30 derajat lintang utara dan 30 derajat lintang selatan.

Bebatuan kapur banyak terbentuk di Laut Karibia, Samudera Hindia, Teluk Persia, Teluk Meksiko, sekitar kepulauan Samudera Pasifik dan Indonesia.
Pembentukkan Bebatuan Kapur Pada Lingkungan Gua

Selain proses pengendapan, Kapur juga dapat terbentuk melalui penguapan.

Stalaktit, stalagmit dan formasi gua lainnya (sering disebut “speleothems”) adalah contoh dari batu kumbung yang terbentuk melalui penguapan.

Di sebuah gua, biasanya terdapat tetesan air hasil rembesan dari atas memasuki gua melalui patah tulang atau ruang pori di langit-langit gua.

Air tersebut menguap sebelum jatuh ke lantai gua. Ketika air menguap, setiap kalsium karbonat yang diterkandung dalam air akan disimpan di langit-langit gua.

Seiring waktu proses penguapan ini dapat mengakibatkan pengendapan es berbentuk kalsium karbonat di langit-langit gua. Pengendapan ini dikenal sebagai stalaktit.

Tetesan air yang mengandung kalisium karbonat kemudian jatuh ke lantai gua dan membentuk disebut stalakmit, bisa tumbuh ke atas dari lantai gua.

Batu kumbung yang membentuk formasi stalaktif dalam gua ini dikenal sebagai “travertine” dan merupakan batuan sedimen kimia.

Ada juga batu kumbung jenis tufa, yaitu kapur yang dibentuk oleh penguapan di sumber air panas, danau, atau daerah lainnya.
 

Komposisi Batu kumbung (Limestone)

Kapur adalah dengan definisi batu yang mengandung setidaknya 50% kalsium karbonat dalam bentuk kalsit berat.

Semua batu gamping mengandung setidaknya beberapa persen lainnya bahan.

Dalam batu kumbung terdapat partikel-partikel kecil yang terdiri dari kuarsa, feldspar, mineral lempung, pirit, siderit dan mineral lainnya. Hal ini juga dapat berisi nodul rijang, pirit atau siderit.

Para peneliti biasa menggunakan 5% larutan asam klorida untuk mengidentifikasi kandungan kalsium karbonat dalam kapur.


Macam-macam Batu kumbung (Limestone)

Ada banyak nama yang berbeda digunakan untuk batu kumbung. Nama-nama ini didasarkan pada bagaimana batu terbentuk, penampilan atau komposisi dan faktor lainnya. Berikut adalah beberapa yang lebih umum digunakan.

Kapur: Sebuah batu kumbung lembut dengan tekstur yang sangat halus yang biasanya berwarna putih atau abu-abu.

Hal ini terbentuk terutama dari sisa-sisa organisme yang mengandung kapur, seperti  organisme laut mikroskopis, foraminifera dan berbagai jenis ganggang laut.

Coquina: Sebuah batu kumbung yang terdiri dari sisa-sisa organisme yang kurang baik maupun rusak. Ini sering terbentuk pada pantai di mana aksi gelombang pemisahaan antara laut dan darat.

Fosil Limestone: Sebuah batu kumbung yang berisi fosil jelas dan berlimpah. Ini biasanya mengandung sisa organisme dan fosil kerangka organisme yang menghasilkan batu kumbung.

Litograf Limestone: Sebuah batu kumbung padat dengan ukuran butir sangat halus. Pada akhir 1700-an proses pencetakan (litografi) dikembangkan untuk mereproduksi gambar dengan menggambar mereka di batu dengan tinta minyak dan kemudian menggunakan batu itu untuk menekan beberapa salinan dari gambar.

Oolitic Limestone: Sebuah kapur terutama terdiri dari kalsium karbonat “oolites”, bulatan kecil yang dibentuk oleh presipitasi konsentris kalsium karbonat pada butir pasir.

Travertine: Sebuah batu kumbung yang terbentuk oleh rembesan air di atas gua yang menghasilkan formasi seperti stalaktit, stalagmit dan Flowstone.

Tufa: Sebuah batu kumbung yang dihasilkan oleh pengendapan air kalsium sarat dengan air panas, danau atau lokasi lainnya.
Manfaat batu kumbung
manfaat batu kumbung


Kegunaan batu kumbung lain meliputi:

  1. Batu kumbung digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kapur (kalsium oksida), kapur mati (kalsium hidroksida), semen dan mortar. 
  2. Tumbuk batu kumbung dapat digunakan untuk membantu para petani menetralisasi unsur tanah yang mengandung asam. 
  3. Batu kumbung dapat digunakan sebagai dasar yang kokoh untuk pembangunan jalan aspal mauun beton. 
  4. Sebagai reagen dalam desulfurisasi gas buang, bereaksi dengan sulfur dioksida untuk pengendalian pencemaran udara. 
  5. kapur juga dapat membantu proses pembuatan kaca dalam beberapa keadaan. 
  6. Sebagai bahan campuran yang murah dalam pasta gigi, kertas, plastik, cat, ubin, dan bahan lainnya yang mengandung pigmen puti. 
  7. Hal ini dapat menekan ledakan metana di tambang batubara bawah tanah. 
  8. Kapur yang tekah dimurnikan dapat ditambahkan ke roti dan sereal sebagai sumber kalsium. 
  9. Kadar kalsium yang tinggi dapat digunakan untuk pakan ternak, seperti untuk unggas dan lain-lain. 
  10. Hal ini dapat digunakan untuk remineralisasi dan meningkatkan alkalinitas air dimurnikan untuk mencegah korosi pipa dan mengembalikan tingkat nutrisi penting. 
  11. Membantu menghilangkan karat dan kotoran pada besi. 
  12. Kapur juga sering ditemukan dalam obat-obatan dan kosmetik sebagai pigmen pemutih. 
  13. Batu kumbung dapat dimanfaatkan sebagai seni ukir atau patung karena teksturnya yang mudah dibentuk.

Di indonesia sendiri banyak mengandung batu kumbung yang tersebar di seluruh nusantara diantaranya adalah Sumatera Barat, Lampung, selain itu juga banyak terdapat di propinsi Jawa Timur, provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Beberapa daerah yang adalah penghasil utama batu kumbung di Jawa Timur, antara lain adalah daerah Pacitan, Trenggalek, Tulungagug, Ponorogo, ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Nganjuk, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep dan Gresik.

Di Lampung terdapat tambang batu kumbung yang terletak di kecamatan Natar, Lampung selatan.

Share this