Perbandingan Batu Kumbung Vs Batu Merah Untuk Pondasi Bp Yulio 085211532205

Assalamualaikum hai para sahabat setia konsumen dan pecinta batu kumbung ataupun batu merah, kali ini kami akan sedikit mengulas terkait Batu Kumbung Vs Batu Merah Untuk Pondasi atau perbandingan kualitas antara batu kumbung dengan batu merah yang biasa kita temui digunakan untuk pondasi atau pun digunakan dinding.



Sebelum menjabarkan panjang lebar, maka saya akan sedikit mengulas apa itu batu kumbung dan batu merah.

Batu kumbung sendiri adalah batu yang berasal dari bebatuan dari pegunungan yang mana lokasi penambangan banyak tersebar di wilayah tuban khususnya daerah semanding dan grabangan (baca grabakan)



Proses pemotongan batu kumbung sendiri biasanya terjadi setiap harinya hingga malam hari tergantung pekerja nya ada atau tidak, dimana faktor lancarnya penambangan karena listrik dan alat serat sdm nya sedang bagus, artinya listrik sedang keadaan normal, alat untuk menaikkan batu kumbung dari kedalaman masih baik, manusianya atau pekrjanya dalam keadaan sehat.

Mengapa batu kumbung berwarna putih atau kuning sedangkan batu merah berwarna merah, hal ini disebabkan dikarnakan batu kumbung berasal dari endapan kapur yang kemudian karena sudah mengendap hingga ratusan tahun sehingga menjadi gunung, lantas kemudian mengapa batu merah berwarna merah. yang tidak bisa di pungkiri adalah nama nya yang mengisaratkan jika batu itu berwarna merah karena ada sebutan merah. proses pembuatan batu merah sendiri adalah dengan di pres dengan alat sehingga mendapatkan tekstur serta bentuk yang bagus yaitu persegi dengan sudut yang rapi sedangkan yang tdk simetris biasanya dengan pembuatan manual oleh alat seadanya bagi sebagian orang , kemudian batu yang sudah berbentuk kotak di bakar dengan menggunakan api agar matang dan tahan terhadap cuaca. 



Jika berbicara tentang kualitas batu kedua nya maka bisa dikatan tergantung penggunanya jika anda berada di wilayah surabaya barat maka akan banyak menemukan rumah dengan dinding terbuat dari batu putih dari batu kumbung, yang sering kita ketahui keadaan nya banyak yang berada di dekan wilayah banyak air. Lalu jika anda bertolah ke wilayah Tuban akan banyak sekali rumah menggunakan batu kumbung baik rumah tersebut di wilayah ber air dataran maupun wilayah gunung banyak kemudian warga mengguanakan batu gunung atau batu kumbung digunakan sebagai media untuk mendirikan rumah mulai dari pondasinya dari pondasinya dari batu kumbung lalu dinding nya juga dari potongan batu putih kumbung kecil untuk dinding dan untuk dasaran mengisi menghuruk rumahnya dari gragal batu putih gunung dari pecahan batu kumbung. 

Kemudian penulis mengembalikan penilaian antara keduanya kembali kepada anda untuk mengambil garis merahnya mana yang menjadi pilihan anda dalam menentukan pilihan guna membangun bangunan anda.  



Ukuran batu kumbung sendiri adalah 24 x 24 x 48 cm
sedangkan yang untuk batu dindingnya 8 x 12 x 24 cm

lalu perbandingannya dengan batu merah dinding Sebagai acuan umum, dapat dipakai bata merah dengan rentang dimensi : panjang = 19 cm - 24 cm. lebar = 9 cm - 12 cm. tebal = 5 cm - 6 cm.

Silahkan bagi anda yang ingin mendapatkan batu kumbung baik untuk pondasi maupun untuk dinding untuk menghubungi kami di kontak bapak yulio 085211432205

Share this